Thursday, July 08, 2004

+++
First Talk

Aku adalah Wa-Sha-Quon-Asin, Grey Owl.
Dia yang terbang di malam hari.
Aku datang untuk membawakan kalian sehelai daun hijau.
Ini berasal dari tempat yang jauh.


Apakah kau mendengarnya?


itu disebut ketenangan.
Kadang aku terbangun dari mimpi ini waktu malam
Dengan mimpi buruk bahwa tidak ada lagi ketenangan.
Seluruh pulau penuh dengan jalan-jalan,
Seluruh jalan-jalan penuh dengan motor-motor.
Dan setiap orang duduk disana,
diantara semua keramaian dan bau ini.
Aku memanggil mereka
“Hei” kataku “kemana kalian semua terburu-buru pergi?”
“Jauh” kata mereka “kami ingin pergi jauh”.

Sekarang lihat ini,
Disinilah aku berasal
Tanah Keewaydin, Angin Utara.
Mereka menyebutnya alam liar,
Tak ada apapun disana,
Hanya daun-daun hijau,
Sungai-sungai jernih,
Udara segar dan ketenangan.

Dulu aku sering menjebak berang-berang.
Aku tidak melakukannya lagi.
Kurasa aku belajar malu.
Dan aku belajar dari nona yang kau lihat sekarang,
Namanya Anahareo.
Jika ini bukan untuknya, aku tidak akan ada disin sekarang … hei Nenemousha.

Ini salah satu alasan kenapa aku suka berang-berang.
Perhatikan saja teman-teman ini.
Canggung … lucu bukan?
Tetapi tunggulah … itu!
Waktu pergi. Lihat waktu dia masuk ke air.
Lihatlah sekarang. Tidak ada kecanggungan lagi.
Berang-berang dibuat untuk air.
Setiap mahluk punya tempat yang tepat.
Dan ditempatnya yang tepat, mahluk itu menjadi indah.

+++

Saudaraku berkata,
“Pria akan menjadi seperti yang diimpikannya.
Kau telah bermimpi dengan bagus.”
Kepala suku Sioux kepada Archie the “Grey Owl”

+++

last talk


Satu-satunya hal yang memberiku keberanian untuk berdiri dihadapan kalian malam ini adalah pengetahuan, kepastian, bahwa apa yang akan kukatakan adalah penting untuk kelangsungan hidup kita.

Kita bukan tuan dari bumi ini,
Kita adalah anak-anaknya.
Kita ada di jalur penciptaan,
Ditangan kuat dari Roh
Yang lebih besar dari (roh) milik kita sendiri.
Kalian tahu aku akan berkata “lindungi berang-berang.”
Kalian tahu aku akan berkata “berhenti menebangi hutan-hutan.”
Kalina tahu aku akan berkata “uang yang kalian dapat tidak sebanding dengan harga yang harus kalian bayar!”
Tapi ada lagi.

Jika kita dapat berkata bahwa
Ada sesuatu yang tidak untuk dijual,
Ada sesuatu yang merupakan milik kita semua dan untuk generasi masa depan,
Mungkin orang lain akan mendengar kita
Dan mulai mengatakannya juga.
Dan suatu hari akan ada cukup dari kita,
Dan kita percaya itu dapat dilakukan,
Bahwa kita dapat mengubah dunia.

Jadi mengapa kita tidak memulai di negara kita sendiri?
Di Kanada.
Disini.
Malam ini.

+++

what happen next

setelah itu dia pergi diam-diam di kegelapan malam dan kembali ke kabinnya di sungai Ajawaan. Dia meninggal disana, tiba-tiba. Karena radang paru-paru, dua tahun kemudian, April, 1938.
Dalam pengakuan atas apa yang Archie telah capai, North Bay Nugget (a newspaper) setuju untuk menahan ceritaku selagi dia hidup. Mereka menuliskannya setelah dia mati, dan itu menjadi berita utama di seluruh dunia.
Pony (his wife) tidak pernah berhenti kampanye melawan penjebak-penjebak, dan secara perlahan, karena apa yang dia dan Archie lakukan, ada hukum yang melindungi berang-berang, sehingga mereka kembali ke danau-danau dan sungai-sungai di Kanada.
Tetapi sekali identitas aslinya terlah terbuka, peringatan awal Archie tentang alam, tentang menjaga keselamatannya untuk generasi masa depan, cepat menghilang dan dilupakan.
Hanya beberapa tahun kemudian saat kebenaran tidak dapat lagi diabaikan dia dilihat sebagai orang yang memimpin pada zamannya.

+++