Friday, February 27, 2004

Mars Vs Venus
Siapa yang lebih cocok untuk melakukan backpacking – co’ apa ce’?


Banyak orang berspekulasi bahwa ce’ lebih cocok melakukan kegiatan yg mengandalkan daya tahan dibandingkan co’ dan penelitian cenderung mendukung ide tersebut. Sebuah penelitian menunjukan bahwa co’ membakar lebih banyak kalori sementara ce’ justru membakar lebih banyak lemak. Hasilnya … ce’ bisa melakukan kegiatan lebih lama sebelum mulai menggunakan cadangan glycogen-nya (karbo) – daya tahan lebih lama.

Ce’ juga bisa jadi lebih kuat di ketinggian. Hasil penelitian lainnya menguji co’ & ce’ dengan mengukur kekuatan otot mereka dan menemukan bahwa ce’ dgn kondisi yg relatif sama mempunyai daya tahan (bukan kekuatan) otot hampir 2x lebih besar dibandingkan co’. ce’ juga bisa lebih menjaga daya tahannya tersebut di tempat2 tinggi. Ketika co’ berada di suatu ketinggian, kemampuan daya tahan otot mereka berkurang lebih banyak dibandingkan ce’.

Di sisi lain, keunggulan co’ adalah karena tubuh ce’ relatif lebih kecil. Bagaimanapun berat tenda, sleeping bag & perlengkapan lainnya relatif akan sama, sebagai hasil persentasi antara beban yg dibawa dan berat tubuh pada ce’ akan lebih besar. Jadi dalam hal ini – dibandingkan dgn co’ dgn kebugaran yang hampir sama, ce’ akan bergerak lebih lambat.

http://backpacker.com/women/article/0,7862,6447,00.html